Fakta Tentang Inti Bumi

Fakta Tentang Inti Bumi

Fakta Tentang Inti Bumi – Bumi merupakan planet yang kita tinggali dengan sekitar 7 miliyar manusia lainnya. Masih banyak misteri di planet kita ini yang bahkan belum dapat terpecahkan meskipun ilmu pengetahuan dan teknologi telah berkembang pesat.

Namun tentunya kita tahu bahwa bumi memiliki beberapa macam lapisan yang saling bertumpukan. Hal ini tentu sudah kita pelajari sejak di bangku sekolah dasar sekalipun, setiap lapisan bumi kita mempunyai fungsi yang penting untuk menyimbangkan bumi dan menopang kehidupan yang ada di atasnya.

Hampir semua makhluk hidup termasuk kita sebagai manusia tinggal di lapisan bumi yang paling luar bumi atau kerak bumi. Hanya sedikit organisme yang mampu hidup di lapisan mantel bumi dan mungkin tidak ada yang dapat tinggal di inti bumi kita.

Inti bumi sendiri merupakan bagian terdalam dari bumi kita ini, bagian ini merupakan bagian yang penting untuk menunjang kehidupan di bumi dan memiliki ketebalan 3.500 km. Bagian ini juga menjadi pusat dari massa bumi yang sangat padat dan dengan suhu yang sangat tinggi pula.

Inti bumi kita merupakan bagian yang paling panas di bumi, panas tersebut kurang lebih sama dengan panas pada permukaan matahari. Namun keunikan dan hal menarik dari inti bumi tidak hanya itu saja, lantas apa saja fakta tentang inti bumi? berikut akan dibahas lebih lanjut :

  1. Suhu

Suhu pada inti bumi kurang lebih sama panasnya dengan permukaan matahari yang dapat mencapai suhu 5.400 derajat Celcius. Panas tersebut tentu tidak dapat diukur menggunakan termometer yang kita tahu, bahkan untuk mencapainya saja kita tidak mampu. Dengan panas tersebut sanggup melelehkan berlian yang merupakan benda atau batu terkeras yang ada di bumi hingga saat ini.

  1. Inti bumi adalah bola besi

Sebenarnya inti bumi yang merupakan bagian terdalam dari bumi kita adalah sebuah bola besi padat. Diperkirakan bola besi ini memiliki panjang jari – jari sekitar 1.220 km dimana panjang tersebut nyaris sama dengan panjangnya jari – jari bulan.

  1. Rotasi Inti Bumi

Menurut penelitian Universitas Columbia yang dilakukan pada tahun 1997, menyatakan bahwa putaran rotasi inti bumi kita jauh lebih cepat dibandingkan bumi itu sendiri yang secara keseluruhan putarannya searah dengan arah putaran bumi.

  1. Pelindung bumi

Meskipun berada di bagian paling dalam bumi kita, namun inti bumi justru sangat berjasa dalam menahan panas matahari yang menuju bumi kita. Inti bumi kita akan mengeluarkan medan magnet yang melindungi bumi dari panas matahari. Pada Lapisan luar inti bumi merupakan sebuah besi cair yang berputar mengelilingi bumi yang terdiri dari bola logam besi padat.

  1. Komposisi dan Beratnya

Menurut hasil penelitian dari Universitas Durham, menyatakan bahwa sekitar 90 persen inti bumi terdiri dari belerang dengan berat atau bobot yang dapat mencapai 8,5 x 1.018 ton.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *