Jenis Minyak Nabati

Jenis Minyak Nabati – Tahukah Anda bahwa jenis minyak seperti minyak kelapa, minyak zaitun atau minyak kelapa sawit merupakan jenis minyak nabati, ketiganya dikelompokkan berdasarkan tingkat kemurniannya. Tingkat kemurnian minyak akan mempengaruhi kualitas dan jenisnya yang berimbas pada harga jualnya.

Pengelompokan jenis minyak nabati ini dikelompokkan berdasarkan perbandingan warnanya dengan refrensi, jadi tingkat kebeningan warna minyak ini akan mempengaruhi jenisnya. Akan tetapi penilaian / pengelompokkan yang dilakukan dengan cara visual saja tidak dapat memberikan hasil yang konsisten.

Kemampuan mata dalam melihat warna sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti faktor kondisi pencahayaan, ukuran sampel hingga faktor kelelahan mata, oleh karena itu bila hanya mengandalkan pengelihatan visual maka hasilnya dapat tidak konsisten. Untuk memastikan bahwa minyak dapat dikelompokkan dengan sesuai dan kontinyu maka disini membutuhkan penggunaan alat ukur yang dapat bekerja secara akurat.

Pada umumnya minyak nabati memiliki warna yang transparan dan dapat ditembus oleh cahaya, oleh karena itu sangat baik diukur menggunakan pengukuran transmittance. Refrensi nilai standar L*a*b* pertama – tama ditetapkan, lalu setelah itu sampel minyak diukur untuk menentukan apakah nilai L*a*b* masih memiliki nilai yang diinginkan / sesuai tidak.

Sedangkan keuntungan komersil menggunakan skala penilaian banyak digunakan dalam penjualan minyak, dan penggunaan alat seperti colorimeter dan spektrofotometer adalah untuk menentukan warna yang tepat. Minyak nabati dalam kemasan untuk konsumen akan dicampurkan dengan sangat hati – hati. Hal ini untuk menghasilkan warna yang tepat, pencocokan warna ini dilakukan dengan bantuan chromameter dan spectrophotometer. Proses ini banyak dilakukan pada pabrik produksi untuk memastikan konsistensinya.

Mengukur Warna Minyak Kemasan

Tentu Anda ingin menghasilkan produk yang konsisten dari segi kualitasnya, tentu penggunaan alat ukur warna / colorimeter maupun spektrofotometer merupakan hal wajib. Namun seringkali pelaku bisnis bingung dalam mendapatkan alat ukur yang berkualitas.

Kini Anda bisa mendapatkan alat ukur berkualitas hanya di CV. Java Multi Mandiri yang merupakan perusahaan distributor alat ukur dan alat uji ternama di Indonesia. Kami menyediakan colorimeter dan spektrofotometer  dengan kualitas terbaik dengan jaminan garansi selama 1 tahun.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *