Kendali Warna di Industri Perasa dan Aroma

Kendali Warna di Industri Perasa dan Aroma – Pada industri pengolahan makanan, produk perawatan tubuh serta produk pembersih lainnya pastilah memerlukan bahan perasa dan aroma. Apabila jumlah konsumen dan penjualan produk meningkat maka proses produksi juga akan menambah produksinya dan dengan adanya peningkatan volume produksi, maka berdampak juga pada meningkatnya jumlah perusahaan di industri perasa dan aroma.

Tentu dengan meningkatnya permintaan akan bahan perasa dan aroma ini juga harus diimbangi dengan kualitas produk yang terjaga dan stabil. Bahan baku untuk perasa dan aroma ini tentu harus diuji dan dalam keadaan bagus baik rasa maupun aroma, namun salah satu pengujian yang tidak boleh dilewatkan adalah pengujian warnanya.

Tahukah Anda bahwa tanpa kita sadar kita memilih atau membeli suatu produk karena melihat warnanya terlebih dahulu, bahkan jika produk itu adalah produk makanan / minuman yang tentunya tidak kita cicipi lebih dahulu. Hal ini karena warna juga merupakan salah satu kualitas dari suatu produk, kualitas warna suatu produk ini tentunya harus dijaga dengan baik. Hal ini dilakukan oleh para ilmuwan yang melakukan uji warna di laboratorium, untuk memastikan bahwa warna yang dihasilkan konsisten.

Baik bahan baku perasa atau aroma biasanya berwujud cair dan digunakan dalam dosis yang sedikit. Dan karena setiap orang mempunyai persepsi warna tersendiri maka pengujian secara visual tidak dapat digunakan. Disini diperlukan sebuah pengujian warna menggunakan instrumen alat ukur warna / colorimeter dengan menggunakan metode penyebaran cahaya (transmittance).

Tentu karena warna juga akan mempengaruhi kualitas produk maka pengujian warna ini menjadi hal penting yang harus dilakukan. Dengan menggunakan colorimeter maka jumlah sampel yang diuji juga tidak perlu banyak dan hal ini sekaligus juga membantu mengurangi biaya pengujian sampel. Dengan komposisi yang sesuai maka produk akan menghasilkan warna tertentu dan warna inilah yang akan diuji menggunakan colorimeter.

Dengan menggunakan alat tersebut juga memungkinkan pengukuran warna dari produk yang masih setengah jadi atau sudah jadi, seperti gel dan pasta yang sifatnya transparan atau berwarna gelap. Pengujian menggunakan colorimeter juga memudahkan Anda dalam melakukan pengujian sehingga akan mendapatkan hasil produk yang berkualitas baik dan terjaga kualitasnya.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *