Kendali Warna pada Bumbu Masakan

Kendali Warna pada Bumbu Masakan – Bumbu masakan biasa digunakan untuk menambah rasa pada masakan, namun pada bidang industri bumbu juga terkadang digunakan pada aplikasi pembuatan pewangi, kosmetik dan obat – obatan. Selain menambah rasa, bumbu masak juga dapat memberikan warna pada masakan sehingga warnanya lebih menarik sekaligus dapat juga untuk mengawetkan masakan.

Kendali Warna pada Bumbu Masakan

Bumbu masak yang berasal dari biji – bijian kering, buah, bahkan kulit pohon yang bersifat antibakterial juga sering digunakan pada proses pengawetan daging. Selain itu bumbu masak juga akan merubah tampilan masakan sehingga dapat lebih berwarna, oleh karena itu kendali warna pada pembuatan bumbu masakan semakin penting bagi produsen makanan.

Ternyata pengendalian warna pada bumbu masak juga akan menjamin kualitas dan tingkat produk yang dihasilkan. Informasi pengukuran warna yang diperoleh juga dapat dipakai untuk melakukan studi terhadap kondisi penyimpanan, lama penyimpanan dan kualitas produk.

Bumbu masak dapat disajikan dalam berbagai bentuk, baik segar, dikeringkan ataupun digiling. Akan tetapi secara umum, produk bumbu masak merupakan produk berbentuk kering, karenanya bumbu kering bisa menjadi tantangan bagi produsen untuk mengendalikan warnanya. Dengan menggunakan alat Spektrofotometer yang dapat mengukur warna. Pengukuran warna ini dapat diukur pada sampel dengan berbagai ukuran permukaan, pengujian warna pada produk bumbu tidak menjadi halangan.

Apabila sampel bumbu belum digiling dan dalam keadaan kering, cawan petri atau tabung sel (tube cell) bisa digunakan untuk pengujian warna pada Spektrofotometer. Dikarenakan produk bumbu yang belum digiling dapat berbentuk kecil, bubuk halus maupun kasar. Oleh karena itu pengukuran secara rata – rata sangat direkomendasikan sebab akan memberikan hasil pengukuran warna yang lebih akurat.

Pengukuran dengan menggunakan metode rata – rata dapat dilakukan dengan mudah menggunakan Spektrofotometer yang ditunjang dengan software yang baik. Jadi warna bumbu masakan selalu menjadi faktor penting bagi produsen dan konsumen makanan.

Oleh karena itu alat Spektrofotometer adalah alat yang penting digunakan dalam mengendalikan dan menguji warna bumbu agar lebih menarik bagi konsumen. Dengan kendali warna yang baik, juga mengindikasikan kualitas produk yang baik. Hasil akhirnya konsumen dapat percaya bahwa produk bumbu yang mereka gunakan adalah yang baik dan berkualitas tinggi.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *