Kontrol Warna Pada Keju

Kontrol Warna Pada Keju – Keju merupakan produk makanan olahan dari susu yang difermentasikan hingga menjadi padat. Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan keju, kita sering menggunakannya dalam berbagai masakan kita. Rasanya yang agak asam dan memiliki banyak manfaat ini membuat keju banyak digunakan oleh masyarakat kita.

Kontrol Warna Pada Keju

Pengolahan susu menjadi keju juga dapat memperpanjang masa pakai / umur susu tersebut. Hal ini tentu akan bermanfaat pada daerah yang memiliki produksi susu yang berlimpah. Karena dibuat dari susu juga membuat keju memiliki kandungan yang sama bermanfaatnya dengan susu.

Keju memiliki berbagai nuansa warna kuning dan orange, hal ini sangat dipengaruhi oleh kualitas / jenis susu yang digunakan dan juga pewarnanya. Beta-karoten yang terkandung dalam susu merupakan sebuah pigmen alami yang memberikan warna orange pada wortel dan jumlahnya bervariasi pada setiap jenis susu. Jumlah tersebut dipengaruhi oleh diet hewan dan akan mempengaruhi warna keju.

Dalam bidang industri tentu ketidak konsisten warna ini akan menjadi masalah tersendiri. Produsen keju biasanya akan menggunakan annatto yang merupakan pewarna makanan alami untuk mencapai warna keju yang diinginkan. dan warna makanan ini akan mempengaruhi preferensi konsumen dan identifikasi rasanya.

Dalam bidang industri keju tentu keseragaman warna ini merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Disini industri perlu menggunakan manajemen warna untuk meningkatkan kualitas warna dan hasil dalam produksi keju.

Evaluasi warna keju bisa dilakukan dengan cara visual dengan membandingkannya dengan diagram warna keju standar National Cheese Institute (NCI), namun perbandingan tersebut adalah subyektif dan banyak faktor – faktor yang mempengaruhinya.

Hal – hal seperti kondisi pencahayaan dan ukuran sampel dapat mempengaruhi penilaian terhadap warna keju. Selain itu standar warna keju ini mungkin dibuat dari plastik chip atau replika lilin sehingga tidak atau kurang mewakili warna keju yang sebenarnya.

Namun seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi kini pengendalian warna dapat dilakukan dengan menggunakan alat ukur seperti colorimeter atau spektrofotometer. Alat – alat tersebut dapat mengukur warna keju dengan lebih objektif dan akurat baik dalam bentuk parut, bubuk maupun pasta.

Bila Anda membutuhkannya, maka Anda bisa mendapatkan alat tersebut hanya di CV. Java Multi Mandiri. Kami merupakan perusahaan distributor untuk alat ukur dan alat uji yang mengedepankan kualitas bagi konsumen kami. Kami juga menyertakan garansi resmi perusahaan selama 1 tahun dalam setiap pembeliannya.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *